RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Satuan
pendidikan :
SMA Negeri 1 Menganti
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar:
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan
fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada
makhluk hidup.
1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3. Peka
dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan
dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan
dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.1.
Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup berdasarkan hasil percobaan.
4.1.
Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi
proses pertumbuhan dan perkembangan
tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara
penulisan ilmiah yang benar.
C. Indikator
1. Mengidentifikasi hubungan
antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan
pada makhluk hidup berdasarkan hasil percobaan.
2. Merencanakan dan melaksanakan percobaan
tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
3. Melaporkan hasil percobaan
tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman
secara tertulis.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan
hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan
proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup;
2.
Merencanakan dan
dan
melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan
dan perkembangan tanaman;
3.
Melaporkan hasil
percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan
perkembangan tanaman secara tertulis
dengan tatacara penulisan ilmiah yang benar.
E. Materi Pembelajaran
1.
Pertumbuhan
dan perkembangan
·
Faktor
luar danfaktor dalam pada pertumbuhan
2.
Merencanakan
dan melaksanakan percobaan
·
Mengkaji
hasil kerja ilmiah (contoh kerja ilmiah)
F.
Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan
Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Discovery
Learning
2. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
3. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam dan
memimpin doa untuk memulai pelajaran.
2.
Guru menyampaikan materi dan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
mengamati pertumbuhan pada tumbuhan.
·
Siswa
membaca teks pertumbuhan pada tumbuhan.
·
Siswa
mengkaji hasil kerja ilmiah (contoh kerja ilmiah).
·
Siswa
melaksanakan langkah-langkah melakukan percobaan menurut kerja ilmiah dari
hasil diskusi dan mengkaji contoh karya ilmiah dari berbagai sumber.
Menanya
· Siswa distimulir untuk membuat
pertanyaan yang menuntut aktivitas
berfikir kritis tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup dan
faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan
dan perkembangannya.
·
Siswa
mengajukan pertanyaan tentang langkah-langkah eksperimen dan penyusunan
laporan hasil eksperimen.
Eksplorasi
·
Siswa
menggali informasi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan mahluk
hidup melalui tayangan Video.
·
Siswa
mendiskusikan tentang konsep
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup menggunakan KMS.
·
Siswa
mendiskusikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi petumbuhan makhluk
hidup.
·
Siswa
mendiskusikan rancangan dan usulan penelitian tentang faktor luar yang
mempengaruhi pertumbuhan pada makhluk hidup.
·
Siswa
melaksanakan eksperimen sesuai dengan usulan yang disusun dan sudah
disepakati setiap kelompok.
·
Siswa
melakukan pengamatan eksperimen, mencatat data.
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa
membaca dan menganalisis grafik pertumbuhan dari KMS untuk mendapatkan konsep
pertumbuhan dan perkembangan.
·
Siswa
menarik kesimpulan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan serta
faktor-faktor yang mempengaruhinya, kemudian mempresentasikannya dengan berbagai media.
·
Siswa
mengolah data hasil eksperimen.
·
Siswa
secara berkelompok menjawab permasalahan yang muncul.
·
Siswa
menyimpulkan hasil pengamatan.
·
Siswa
menarik kesimpulan dari hasil diskusi mengenai usulan penelitian.
Mengomunikasikan
·
Siswa
mempresentasikan hasil kajian dan
diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan.
·
Siswa
menyusun usulan penelitian tentang faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan
tanaman dalam bentuk laporan tertulis.
· Siswa melaporkan hasil
eksperimen secara lisan (presentasi)
dan tertulis.
|
Penutup
|
1.
Berdoa untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
2.
Mengucap salam.
|
H.
Penilaian Proses dan Hasil
Pengetahuan:
Tes
·
Konsep
pertumbuhan dan perkembangan.
·
Membuat
outline perencanaan percobaan.
·
Pemahaman
tentang hasil percobaan dan kesimpulan.
·
Pemahaman
tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam melakukan percobaan.
·
Pemahaman
tentang faktor luar dan faktor dalam terhadap pertumbuhan.
Sikap:
·
Observasi
Sikap Ilmiah dan keselamatan kerja.
Keterampilan:
·
Observasi
Kinerja
·
Kerja
Ilmiah
Portofolio
·
Laporan
Percobaan
I.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
J.
Sumber
Belajar
·
Video
pertumbuhan dan perkembangan
·
Buku
Biologi untuk SMA Kelas XII
·
Buku
Pendamping Biologi Kelas XII
Mengetahui,
Gresik, 19 Juli 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Muhammad
Fadloli, S.Pd.,M.M. S u d a r w o t o, S.Pd.
NIP.19681028
199801 1 001 NIP.19690810 199802 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Satuan
pendidikan : SMA Negeri 1
Menganti
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 3 x 4
Jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar:
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan
fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada
makhluk hidup.
1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3. Peka
dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2.
Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.2.
Memahami peran enzim dalam proses
metabolisme dan menyajikan data
tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur
untuk memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup.
4.2. Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan
hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob
secara tertulis dengan berbagai media.
C. Indikator
1. Mengetahui peran enzim dalam
proses metabolisme.
2. Menyajikan data tentang
proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk
memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup.
3. Melaksanakan percobaan dan
menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis,
respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.
menyebutkan
peran enzim dalam proses metabolisme;
2.
menyajikan data
tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur;
3.
melaksanakan percobaan
dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis,
respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media.
E. Materi Pembelajaran
Enzim
dan Metabolisme
F.
Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan
Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Discovery Learning
2.
Strategi Pembelajaran :
Kooperatif
3. Pendekatan
Pembelajaran :
Saintifik
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam dan
memimpin doa untuk memulai pelajaran.
2.
Guru menyampaikan materi dan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
melakukan percobaan mengunyah nasi sebanyak 32 kali kunyah dan merasakan
sensasi manis pada nasi/karbohidrat lainnya.
·
Siswa
menonton video/gambar tentang
aktivitas yang memerlukan dan menghasilkan energi.
·
Siswa
mengkaji literatur tentang katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
·
Siswa melihat tayangan animasi /gambar/
diagram pemanfaatan energi matahari
oleh tumbuhan.
·
Siswa
mengkaji berbagai sumber tentang bahan, proses, tempat berlangsung serta
hasil dari fotosintesis.
Menanya
·
Siswa
menanyakan tentang enzim berdarkan percobaan yang dilakukan dan ilustrasi
fungsi enzim.
·
Siswa
menanyakan perbedaaan antara respirasi dan fermentasi.
·
Siswa
menanyakan proses metabolisme dalam respirasi dan fermentasi.
·
Siswa
menanyakan fungsi cahaya, zat yang dihasilkan, serta hal-hal yang diperlukan
dalam proses fotosintesis.
Eksplorasi
·
Siswa
menggali informasi tentang kerja enzim pada proses pencernaan di mulut,
lambung dan usus dua belas jari (apa persamaan dan perbedaannya) untuk dapat
menyimpulkan bahwa enzim memiliki sifat khas dan cara kerja tertentu.
·
Siswa
melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
katalase.
·
Siswa
mendiskusikan tentang proses
katabolisme (respirasi aerob dan fermentasi) menyangkut bahan,proses,
tempat berlangsung dan hasilnya.
·
Siswa
membandingkan kedua proses dan menyimpulkan apa kelebihan dan kekurangan
antara kedua proses di atas.
·
Siswa
melakukan percobaan fermentasi alkohol
oleh jamur Saccharimyces cereviceae dengan proses dan hasil yang tepat.
·
Siswa
mendiskusikan tentang penerapan proses katabolisme dalam kehidupan.
·
Siswa
melakukan observasi pasar untuk mengidentifikasi produk-produk yang
menerapkan proses katabolisme.
·
Siswa
melakukan berbagai percobaan fotosintesis (Ingenhouze. Sachs).
·
Siswa
melakukan diskusi kelas / kelompok tentang hasil percobaan dikaitkan dengan
konsep tentang bahan, proses, tempat berlangsung serta hasil
fotosintesis.
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa
mendiskusikan hasil percobaan uji kerja enzim katalase dan mengkaitkan dengan
sifat-sifat enzim dari hasil kajian literatur.
·
Siswa
menyimpulkan tentang sifat, fungsi dan kerja enzim .
·
Siswa
mengolah data hasil percobaan, dan
menyimpulkan tentang proses katabolisme.
·
Siswa
mengkaitkan penerapan proses katabolisme dengan produk-produk makanan,
minuman, obat-obatan/suplement dan melaporkan dalam bentuk tabel.
·
Siswa
menjawab permasalahan dalam kehidupan yang berkaitan dengan proses
metabolism.
·
Siswa
mendiskusikan dan menganalisis data hasil percobaan.
·
Siswa
menarik kesimpulan hasil percobaan dan hasil diskusi dan mempresentasikan
hasilnya di depan kelas.
Mengomunikasikan
·
Siswa
menyusun laporan hasil percobaan secara tertulis.
·
Siswa
menyusun laporan hasil percobaan fermentasi.
·
Siswa
menyusun tabel produk yang menerapkan proses katabolisme.
·
Siswa
menyusun laporan hasil praktikum.
· Siswa mempresentasikan hasil
diskusi dan hasil praktikum tentang pemenuhan energi pada fotosintesis.
|
Penutup
|
1.
Berdoa untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
2.
Mengucap salam.
|
H.
Penilaian Proses dan Hasil
Sikap:
Observasi
·
Kerja
ilmiah dan keselamatan kerja saat melakukan pengamatan.
·
Sikap
ilmiah dalam diskusi dan mengerjakan tugas di rumah
Pengetahuan:
Tugas
·
Membuat
sablon, souvenir, dompet, tas dengan hiasan dari struktur jaringan pada
tumbuhan dan hewan.
·
Pemahaman
konsep berdasarkan tanya jawab selama proses pembelajaran.
·
Mencari
informasi tentang katabolisme karbohidrat.
·
Membuat
bagan dari barnag bekas untuk menunjukkan proses katabolisme.
·
Mencari
informasi tentang anabolisme.
·
Membuat
bagan dari barang bekas untuk menunjukkan proses anabolisme
Tes
·
Konsep
tentang jaringan pada tumbuhan dan hewan, dan hubungannya dengan fungsinya.
·
Kosa
kata baru dalam konsep jaringan tumbuhan dan hewan.
·
Konsep
katabolisme dan keterkaitan antara katabolisme karbohidrat, protein dan lemak.
·
Produk
berbasis proses katabolisme.
·
Konsep
anabolisme pada fotosintesia dan keterkaitan
Keterampilan
·
Portofolio
·
Laporan
pengamatan (format dan isi laporan)
I.
Sumber
Belajar
·
Buku
Biologi untuk SMA Kelas XIII
·
Buku
Pendamping Biologi Kelas XIII
·
Peralatan
Laboratorium untuk uji sifat dan kerja enzim
Mengetahui, Gresik, 19 Juli 2015
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M. S u d a r w o t o, S.Pd.
NIP.19681028 199801 1 001 NIP.19690810 199802 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1
Menganti
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 4 Jam
pelajaran
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar:
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan
fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada
makhluk hidup.
1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3. Peka
dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2.
Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.3.
Menganalisis keterkaitan antara struktur
dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup
serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.
4.3.
Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta peran DNA dan
kromosom dalam proses pewarisan sifat.
C. Indikator
1.
Menganalisis keterkaitan
antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada
mahluk hidup.
2.
Menerapkan prinsip-prinsip
pewarisan sifat dalam kehidupan.
3.
Mensimulasikan proses
sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.
mengidentifikasi
keterkaitan
antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada
mahluk hidup;
2.
menerapkan prinsip-prinsip
pewarisan sifat dalam kehidupan;
3.
mensimulasikan proses
sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
E. Materi Pembelajaran
Materi Genetik:
·
Gen,
DNA, Kromosom
·
Sintesa
protein dan pembentukan sifat mahluk hidup
F. Pendekatan,
Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
2. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
3. Pendekatan
Pembelajaran :
Saintifik
F.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam dan
memimpin doa untuk memulai pelajaran.
2.
Guru menyampaikan materi dan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
melihat diagram (gambar ) /menonton
tayangan animasi sintesa protein.
Menanya
·
Siswa
dimotivasi dan distimulir untuk membuat pertanyaan produktif tentang hubungan
antara DNA, gen dan kromosom dari hasil tayangan yang telahg diamati.
Eksplorasi
·
Siswa melihat animasi / gambar struktur,
sifat dan fungsi dan letak DNA, RNA dalam proses replikas. Transkripsi dan
translasi. Sintesa protein dan mengkaitkannya dengan pembentukan sifat pada
mahluk hidup.
·
Siswa
mengkaji tentang konsep gen, DNA dan kromosom melalui tanyangan animasi/
gambar tentang struktur DNA, Gen dan Kromosom.
·
Siswa
membuat model atau gambar untuk memahami struktur DNA. dari bahan-bahan limbah yang aman.
·
Siswa
mensimulasikan hubungan antara sintesa protein dengan pembentukan sifat pada
mahluk hidup dengan melakukan analisis suatu DNA mahluk serta menggambarkan
sifat yang dibentuk menjadi suatu ujud mahluk hidup.
·
Siswa
mengamati ekstraksi DNA buah-buahan untuk memahami peran DNA dalam
kasus-kasus kriminalitas.
·
Siswa
melakukan pengamatan Kromosom Drosophila melano gaster (Mikroskop).
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatan,
simulasi dan hasil eksperimen
dihubungkan dengan kenyataan yang bisa terjadi pada setiap tubuh mahluk hidup
termasuk dirinya dan mahluk-mahluk lain.
·
Siswa
menyusun kesimpulan hubungan antara DAN, gen , kromosom, sintesa protein dan
membentukan sifat pada mahluk hidup dan mempresentasikan hasilnya per
kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa menyusun laporan hasil
diskusi dan eksperimen.
|
Penutup
|
1.
Berdoa untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
2.
Mengucap salam.
|
G.
Penilaian Proses dan Hasil
Sikap:
Observasi
·
Kerja
ilmiah dan keselamatan kerja siswa selama kegiatan pengamatan dan percobaan.
Pengetahuan:
Tugas
·
Membuat
model struktur Kimia DNA
Tes
·
Membuat
bagan hubungan antara gen, DNA,kromosom
Keterampilan
·
Portofolio
·
Hasil
laporan tertulis kemampuan menulis judul kelogisan dengan isi pembahasan.
H.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
I.
Sumber
Belajar
·
Diagram/
gambar kromosom dan DNA
·
Buku
Biologi untuk SMA Kelas XIII
·
Buku
Pendamping Biologi Kelas XIII
·
Peralatan
dan bahan untuk membuat model DNA
Mengetahui, Gresik, 19 Juli 2015
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Muhammad
Fadloli, S.Pd.,M.M. S u d a r w o t o, S.Pd.
NIP.19681028
199801 1 001 NIP.19690810 199802 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Satuan
pendidikan : SMA Negeri 1
Menganti
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 4 Jam
pelajaran
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar:
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan
fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada
makhluk hidup.
1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3. Peka
dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2.
Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.4 Menganalisis proses pembelahan sel.
4.4 Menyajikan data hasil analisis pembelahan
sel.
C. Indikator
1. Menganalisis proses pembelahan sel.
2. Menyajikan data hasil analaisis pembelahan sel.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.
mengidentifikasi
proses pembelahan sel;
2.
menyajikan data
hasil analaisis pembelahan sel.
E. Materi Pembelajaran
Pembelahan sel
·
Mitosis
·
Meiosis
F. Pendekatan,
Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
2. Strategi
Pembelajaran : Kooperatif
3. Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik
F.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam dan
memimpin doa untuk memulai pelajaran.
2.
Guru menyampaikan materi dan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
mengkaji literatur tentang mitosis dan Meiosis.
·
Siswa
melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan mitosis dan
meiosis (gametogenesis).
Menanya
·
Siswa
memberikan pertanyaan tentang konsep Meiosis, gametogenesis pada tumbuhan dan
hewan dan fungsi gamet pada mahluk hidup.
Eksplorasi
·
Siswa
mendiskusikan tentang Mitosis, Meiosis, gametogenesis tentang tujuan, proses dan hasilnya.
·
Siswa
menghubungkan proses fertilisasi pada
mahluk hidup dan mengkaitkan persatuan inti (yang mengandung kromosom) antara
sperma dan ovum sehingga keduanya akan berpasangan membentuk sifat-sifat pada
individu yang dibentuknya.
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa
menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antara mitosis dan
meiosis, oogenesis dan spermatogenesis, serta pembentukan sifat pada anak
gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya.
Mengomunikasikan
· Siswa memaparkan hasil diskusi
dan pearikan kesimpulan secara lisan.
|
Penutup
|
1.
Berdoa untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
2.
Mengucap salam.
|
G.
Penilaian Proses dan Hasil
Sikap:
Observasi
·
Kerja
ilmiah, sikap ilmiah dan keselamatan kerja
Pengetahuan:
Tugas
·
Membuat
bagan proses mitosis dan meiosis
Portofolio
·
Laporan
tertulis hasil kegiatan praktikum
Tes
·
Menilai
pemahaman tentang konsep mitosis dan meiosis.
·
Pemahaman
perbedaan mitosis dan meiosis.
·
Mengaitkan
kegagalan proses mitosis dan meiosis terhadap cacat pada makhluk hidup.
H.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
I.
Sumber
Belajar
·
Buku
siswa
·
Buku
Biologi untuk SMA Kelas XIII
·
Buku
Pendamping Biologi Kelas XIII
·
Charta mitosis dan meiosis
Mengetahui, Gresik, 19 Juli 2015
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Muhammad
Fadloli, S.Pd.,M.M. S u d a r w o t o, S.Pd.
NIP.19681028
199801 1 001 NIP.19690810 199802 1 003
.
.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Satuan pendidikan : SMA Negeri 1
Menganti
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
(2 X pertemuan)
A. Kompetensi Inti
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar:
3.5
Memahami pola-pola Hukum Mendel.
4.5 Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan
peristiwa yang ditemukan sehari-hari (hereditas pada manusia).
C. Indikator
1.
Memahami
pola-pola Hukum Mendel.
2.
Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan
peristiwa yang ditemukan sehari-hari (hereditas pada manusia).
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.
menjelaskan
pola-pola Hukum Mendel;
2.
Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan
peristiwa yang ditemukan sehari-hari (hereditas pada manusia).
E. Materi Pembelajaran
Hukum Mendel dan
penyimpangan semu Hukum Mendel
·
Permasalahan Interaksi
·
Kripstomeri
·
Epistasis/hipostatis
·
Komplementer
·
Polimeri
·
Hereditas Pada Manusia.
F. Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan
Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Discovery Learning
2. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
3. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
G. Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap
salam dan memimpin doa untuk memulai pelajaran.
2.
Guru menyampaikan
materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.
3.
Guru membagi
siswa menjadi 6 (enam kelompok).
4.
Guru membagikan
lembar kerja siswa.
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa membaca literatur tentang istilah-istilah:
allele, genotip, fenotip, dan gamet.
·
Siswa mempelajari pewarisan sifat menurut Mendel ,
pewarisan sifat menurut penyimpangan semu Hukum Mendel.
·
Siswa mengamati
keanekaragam gen, dan jenis pada
lingkungan sekitar (keluarga, teman sekolah, tetangga, dll).
Menanya
·
Siswa menanyakan tentang persamaan dan perbedaan sifat
keturunan dari makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Siswa menanyakan sebab-sebab yang melatarbelakangi persamaan
dan perbedaan sifat keturunan makhluk hidup.
·
Siswa menanyakan
ciri ciri mahluk hidup yang diwariskan (misalnya ciri-ciri tubuh dalam
anggota keluarga siswa).
·
Siswa menanyakan proses pewarisan sifat.
Eksplorasi
·
Siswa mendemonstrasikan pembentukan gamet menggunakan kancing
genetika/baling-baling genetika.
·
Siswa melakukan simulasi persilangan monohibrid dan dihibrida
menggunakan kancing genetika/baling-baling genetika.
·
Siswa mengkaitkan hasil demonstrasi dan simulasi dengan kajian
literatur tentang pola penurunan sifat menurut Mendel (Hukum Mendel I dan
II).
·
Siswa membuat bagan persilangan monohibrid dan dihibrid mulai
dari membuat simbul gen, gamet, genotip dan menentukan fenotip induk dan menentukan ratio genotip dan
fenotip F1 dan F 2 nya menggunakan
sistem papan catur atau sistem garpu.
·
Siswa membuat tabel dan bagan persilangan sifat
– sifat yang diwariskan pada manusia.
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa mengerjakan latihan soal persilangan monohibrid dan
dihibrid pada berbagai organisme (tumbuhan, hewan, dan manusia).
·
Siswa membuat
kesimpulan tentang hereditas pada manusia sesuai dengan kaidah hukum
mendel.
Mengomunikasikan
· Siswa mempresentasikan
hasil percobaannya di depan kelas
|
Penutup
|
1.
Berdoa untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
2.
Mengucapkan
salam.
|
G. Penilaian Proses dan Hasil
Pengetahuan:
Tugas
·
Membuat model pewarisan sifat sesuai pengamatan yang dilakukan
pada hewan atau tumbuhan di sekitarnya.
Tes
·
Pemahaman tentang pola-pola pewarisan sifat dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
H. Sumber
Belajar
·
Buku Biologi siswa
·
Buku Biologi untuk SMA
Kelas XII
·
Buku Pendamping Biologi/LKS Kelas XII
·
Kotak dan kancing genetika / baling-baling genetika
Mengetahui, Gresik, 27
Juli 2015
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M. S u d a r w o t o, S.Pd.
NIP.19681028 199801 1 001 NIP.19690810 199802 1 003
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda