Jumat, 28 Oktober 2016

Program Tahunan

Program Tahunan Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMAN 1 Menganti) Kelas/Semester : XII/1 dan 2 Mata Pelajaran : Biologi Kompetensi Inti: KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran,damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukkan sikap sebagai bagiandari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminanbangsa dalam pergaulan dunia KI-3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradabanterkait penyebab fenomena dan kejadianserta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalahserta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode, sesuai kaidah keilmuan. SEMESTER KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU 1 1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup. 1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses. 1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya. 2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam. 2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar. 3.1 Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup berdasarkan hasil percobaan. 4.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tata cara penulisan ilmiah yang benar. Bab 1 PertumbuhandanPerkembangan A. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan B. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan dan Manusia 4 Minggu (4 x 4 JP) 3.2Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup. 4.2Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media. Bab 2 Metabolisme A. Komponen dalam Proses Metabolisme B. Metabolisme Karbohidrat C. Metabolisme Protein dan Lemak 5 Minggu (5 x 4 JP) 3.3Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsi-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan. 4.3Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat. Bab 3 SubstansiGenetik A. Komponen dalam Pewarisan Sifat B. Kode Genetik C. Sintesis Protein 4 Minggu (4 x 4 JP) 3.4Menganalisis proses pembelahan sel 4.4Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel. Bab 4 PembelahanSel A. Reproduksi Sel B. Gametogenesis 2 Minggu (2 x 4 JP) 3.5 Memahami pola-pola Hukum Mendel. 3.6 Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang. 3.7 Menganalisis hereditas pada manusia 4.5 Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa yang ditemukan sehari-hari. 4.6 Mengevaluasi pola-pola hereditas pautan dan pindah silang 4.7 Menyajikan data hereditaspadamanusia Bab 5 Hereditas A. PewarisanSifatBerdasarkanHukum Mendel B. PenyimpanganSemuHukum Mendel C. Pola-PolaHereditas D. PewarisanSifatpadaManusia 7 Minggu (7 x 4 JP) 3.8Menganalisis peristiwa mutasi. 4.8Menyajikan data proses mutasi. Bab 6 Mutasi A. Macam-MacamMutasi B. PengaruhMutasi 1 Minggu (1 x 4 JP) 2 3.9Menganalisis tentang teori evolusi dan seleksi alam dengan pandangan baru mengenai pembentukan spesies baru di bumi berdasarkan studi literatur. 4.9 Mengevaluasi pemahaman diri tentang berbagai pandangan mengenai evolusi mahluk hidup dan menciptakan gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan teori evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya. Bab 7 Evolusi A. TeoriAsalUsulKehidupan B. TeoriEvolusi Charles Darwin C. PetunjukTerjadinyaEvolusi D. MekanismeEvolusi E. Spesiasi F. KecendrunganBaruTeoriEvolusi 2 Minggu (2 x 4 JP) 3.10Memahami tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan. 4.10Merencanakan dan melakukan percobaan dalam penerapan prinsip-prinsip bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk dan mengevaluasi produk yang dihasilkan serta prosedur yang dilaksanakan. Bab 8 Bioteknologi A. PrinsipdanPerkembanganBioteknologi B. Macam_macamBioteknologi Modern C. ManfaatdanPerananBioteknologi D. DampakBioteknologidalamKehidupanManusia 3 Minggu (3 x 4 JP) JUMLAH ALOKASI WAKTU 28Pertemuan Mengetahui Kepala Sekolah Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M. NIP. 19681028 199802 1 001 1 Gresik, 18 Juli 2016 Guru Mata Pelajaran S u d a r w o to, S.Pd. NIP. 19690810 199802 1 003 ,

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda